PRVaganza merupakan rangkaian kegiatan Pekan Komunikasi 2013 yang bertujuan untuk menjaring gagasan-gagasan kreatif dalam menciptakan strategi program public relations. Kegiatan ini mengajak mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan mereka dalam menciptakan strategi program public relations yang kreatif dan sesuai dengan kode etik.
Tema Kegiatan
“Fun Political (Polite and Ethical) Campaign”
Beberapa tahun silam kampanye kandidat politik dilakukan hanya melalui orasi, penempelan poster ataupun pawai di jalan raya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, akhir-akhir ini kampanye yang dilakukan telah memanfaatkan berbagai media baru dan dikemas semenarik mungkin, seperti melalui video yang diunggah di Youtube ataupun flashmob di tempat umum. Bahkan salah satu kandidat Pilkada DKI Jakarta 2012, menciptakan permainan komputer sederhana sebagai sarana kampanye
Namun disamping euforia penggunaan media baru yang kreatif sebagai sarana berkampanye, masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran kode etik pada kampanye politik. Seperti banyaknya kampanye politik yang menyinggung isu-isu sensitif, seperti isu SARA. Oleh karena itu, PRVaganza kali ini mengangkat tema Fun Political (Polite and Ethical) Campaign untuk mendorong kreativitas para mahasiswa dalam menciptakan strategi program kampanye politik yang menarik, kreatif, inovatif, namun tidak menyinggung isu SARA
Persyaratan Peserta
- Merupakan sebuah tim yang terdiri dari 3 orang (bebas putra dan putri), diperbolehkan berbeda jurusan atau fakultas namun harus berasal dari satu universitas.
- Merupakan mahasiswa D3 atau S1 berstatus aktif hingga Maret 2013
- Memiliki ketertarikan pada bidang public relations
- Menyusun satu buah proposal program public relations kampanye politik.
- Mengisi formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap
- Menyertakan scan identitas masing-masing anggota tim (KTP atau KTM)
- Melakukan pendaftaran dan pembayaran sesuai dengan alur yang ditentukan panitia
Setiap tim wajib mengirimkan 1 buah proposal. Ketentuan mengenai isi proposal adalah sebagai berikut
- Posisikan diri Anda sebagai konsultan public relations untuk kampanye politik pasangan kandidat pemilihan kepala daerah (pilkada) salah satu provinsi di Indonesia. Pasangan kandidat tersebut harus merupakan tokoh yang nyata dan bukan fiktif. Setiap tim bebas memilih provinsi mana yang akan diangkat.
- Setiap institusi/partai memiliki visi dan misi yang direalisasikan melalui program-program dan ditujukan untuk publik tertentu. Tentukan publik manakah yang menjadi prioritas bagi institusi Anda dan buatlah rancangan program yang sesuai dengan publik tersebut berdasarkan keperluan institusi terkait.
- Bentuk dan rencanakan program kampanye tersebut dengan menarik, efektif, dan tentunya sesuai dengan etika kampanye dengan menghindari isu SARA.
- Proposal kegiatan harus dikemas semenarik mungkin. Proposal tersebut harus mencakup:
- Analisis situasi – analisa kaitan masalah dengan publik prioritas
- Tujuan – tujuan akhir yang ingin dicapai
- Key messages – pesan kunci yang ingin disampaikan pada publik prioritas
- Target sasaran – khalayak yang ingin dituju
- Strategi – pemilihan strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan
- Program – rincian pelaksanaan program
- Timeline – rencana pelaksanaan program
- Budgeting – anggaran dana pelaksanaan program
- Indikator keberhasilan – pengukuran keberhasilan pelaksanaan program
- Evaluasi – sistem evaluasi yang akan dilaksanakan
6.Penamaan file proposal : (Judul program)_(nama tim)
Alur pendaftaran
- Peserta membayar biaya registrasi sebesar Rp 240.000,00 ke ke rekening Bank Mandiri Syariah Acc. No. 4867001595 a.n. Qonita Sukma Hutami selambat-lambatnya tanggal 25 Maret 2013 dan melakukan konfirmasi melalui SMS ke nomor 081287470120 dengan format:
PRVaganza_(nama tim)_ (nama bank)_(nama pemilik rekening)
- Peserta mengirimkan proposal program dalam bentuk softcopy dengan format .pdf beserta syarat pendaftaran lain (formulir pendaftaran, scan KTP/KTM masing-masing anggota tim, serta struk bukti pembayaran biaya registrasi)melalui email ke prvaganza.pekom@gmail.com paling lambat tanggal 25 Maret 2013 pukul 20.00 WIB dengan subyek:
PRVaganza_(nama tim)_(asal universitas)
- Sepuluh proposal terbaik akan diumumkan pada 10 April 2013 melalui website www.pekankomunikasi.org
- Sepuluh tim yang terpilih akan mengikuti babak final pada 17-19 April 2013 di Universitas Indonesia, Depok
- Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
Jadwal Rangkaian Pelaksanaan PR Vaganza
No | Tanggal | Kegiatan |
1. | 14 Januari – 25 Maret 2013 | Periode registrasi :
|
2. | 25 Maret 2013 | Batas waktu pengumpulan proposal seleksi |
3. | 26 Maret – 9 April 2013 | Penjurian proposal seleksi |
4. | 10 April 2013 | Pengumuman sepuluh finalis terbaik |
5. | 16 April 2013 | Kedatangan finalis terpilih di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat |
6. | 17 April 2013 | Pelaksanaan seminar, workshop, dan pemberian brief final |
7. | 18 April 2013 | Presentasi final dan penjurian akhir |
6. | 19 April 2013 | Malam penganugerahan pemenang |
Hadiah
Finalis yang dinyatakan menjadi pemenang dalam PRVaganza akan mendapatkan penghargaan sebagai berikut:
Juara I : hadiah uang senilai Rp 5.000.000,00 + sertifikat
Juara II : hadiah uang senilai Rp 4.000.000,00 + sertifikat
Juara III : hadiah uang senilai Rp 3.000.000,00 + sertifikat
Contact person
- Dian Nisita : 085710218453
- Deasy Kumala Sari : 081219165816
- Ricky Alexander : 082162855545
Source: http://www.pekankomunikasi.org/prvaganza/
No comments:
Post a Comment