Sunday 3 March 2013

PKM DIKTI DIDANAI 2013

PKM DIKTI hadir lagi. Bagi yang belum tau mengenai PKM, check this out
PKM merupakan singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. Sesuai dengan namanya, program ini memfasilitasi minta dan bakat mahasiswa di beberapa aspek yang menjadi cabang programnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis PKM
1. PKM-Penelitian (PKM-P)
2. PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
3. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
4. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
5. PKM Karsacipta (PKM-KC)
6. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
7. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
Masing-masing tim PKM terdiri dari 3-5 orang, minimal terdiri dari 2 angkatan agar proses regenerasi berjalan dengan baik. Alokasi pendanaan untuk tahun 2013 maksimal 12,5 juta rupiah. Untuk PKM-AI dan PKM-GT, insentif yang diberikan 3 juta rupiah.
Penting untuk diperhatikan nih, seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM baik sebagai ketua maupun anggota yang setuju untuk didanai. Jadi, kita boleh mengajukan lebih dari 1 proposal, dengan catatan cuma jadi ketua di satu proposal.
Format penulisan harus dicermati. Jumlah halaman proposal maksimal adalah 15 halaman mulai latar belakang sampai lampiran termasuk daftar riwayat hidup.


Alur PKM DIKTI Didanai 2013

  1.  Pembuatan proposal dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari 3-5 orang. Setiap tim harus terdiri dari minimal 2 angkatan yang berbeda. Berdasarkan informasi terbaru dari Mawa UNS, setiap mahasiswa hanya diperkenankan mengumpulkan 1 proposal PKM. Jika lebih dari 1, maka sistem komputer akan secara otomatis menggugurkan PKM yang bersangkutan.
  2. Bimbingan dilakukan dengan dosen pembimbing masing-masing tim. Setiap dosen pembimbing diperbolehkan mengampu maksimal 3 proposal dalam satu periode PKM. Penting untuk diperhatikan, NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) dosen. Dosen pembimbing yang tidak memiliki NIDN tidak bisa diinput.
  3. Ketika menyerahkan proposal untuk dilakukan proses review, proposalnya jangan dijilid dulu ya, sebaiknya diklip kemudian dimasukkan dalam map tertutup. Tujuannya agar ketika ada yang salah, kita tidak perlu repot untuk melepas jilidan. Sebelumnya ambil dulu blanko surat rekomendasi. Isi Judul PKM, Bidang, dan Nama ketua kelompok, kemudian serahkan bersama dengan proposal Anda kepada reviewer. Review proposal dilakukan oleh reviewer masing-masing fakultas. Tugas reviewer adalah menilai apakah format proposal telah sesuai dengan panduan DIKTI, meliputi jumlah halaman dan layout. Reviewer boleh memberi saran perbaikan content, kemudian mahasiswa mendiskusikan usulan perbaikan tersebut kepada dosen pembimbing.
  4. Jika format sudah sesuai dan disetujui oleh reviewer, maka ketua tim PKM akan mendapatkan surat rekomendasi dan nomor upload dari reviewer. Jika masih ada format yang belum sesuai, maka reviewer berhak untuk tidak memberikan surat rekomendasi dan meminta mahasiswa untuk memperbaiki format proposalnya sebelum diserahkan kepada reviewer kembali.
  5. Setelah mendapatkan surat rekomendasi pengusul proposal melengkapi tanda tangan yang harus ada di lembar pengesahan (Ketua, Pembimbing, PDIII, PRIII). Tetap jangan dijilid dulu.
  6. Setelah tanda tangan lengkap, scan cover dengan warna asli PKM (putih untuk penelitian, merah untuk pengabdian masyarakat, dan seterusnya) dan lembar pengesahan. Konversikan proposal dari halaman cover sampai akhir dalam 1 file utuh. Softfile yang akan diupload ini tidak boleh melebihi 5 Mb.
  7. Pengumpulan ke Mawa UNS dilakukan sesuai dengan jadwal fakultas masing-masing. Saat mengumpulkan, jangan lupa membawa 1 eksemplar proposal PKM, softfile proposal (hanya ditunjukkan, tidak perlu memakai CD), dan surat rekomendasi. Setelah itu, kita akan mendapatkan username dan password untuk masuk ke website DIKTI dan melakukan pengunggahan proposal.
  8. Sangat perlu diperhatikan untuk pengunggahan proposal dan data ke website DIKTI, jangan sampai ada satupun yang terlewat ya.

Sebagai informasi tambahan, penilaian kualitas tahun ini lebih diperketat. Jadi jangan sampai kita cuma memasukkan proposal PKM sebanyak-banyaknya tapi ternyata plagiat atau kualitasnya abal-abal. Lebih disarankan kita membuat 1 proposal tapi kualitasnya bagus, biar bisa lolos PIMNAS.
Sesuai dengan permintaan banyak universitas, tahun ini juga Insya Allah akan diadakan transparansi nilai PKM. Dengan adanya transparansi ini, tim UPKPM jadi mengetahui nilai-nilai PKM yang diajukan UNS, kemudian tim UPKPM bisa memberikan masukan atau komplain jika ada ketidaksesuaian penilaian proposal.
Ingat ya teman-teman, sangat berbeda rasanya ketika kita harus membaca langsung dari layar komputer dibandingkan dengan membaca yang sudah dalam bentuk cetak. Jadi posisikan diri kita sebagai juri. Buat judul semenarik mungkin (tapi tidak berlebihan), tuliskan poin-poin penting dari proposal yang Anda ajukan, dan hindari kalimat yang berbelit-belit.

for more info, read: Pedoman PKM 2012

No comments:

Post a Comment