Tuesday 2 July 2013

Beasiswa Sobat Bumi Bagi 200 Mahasiswa

JAKARTA—Pertamina Foundation kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan Beasiswa Sobat Bumi. Peluang beasiswa ini diberikan kepada 200 mahasiswa berprestasi di 20 Perguruan Tinggi Negeri.  
Menurut Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono, di Jakarta (20/6), Beasiswa Sobat Bumi ini tidak hanya menitikberatkan pada prestasi akademik saja, namun juga harus memiliki wawasan dan berbudaya lingkungan.
“Tujuannya agar memberikan kesempatan lahirnya calon-calon pemimpin bangsa yang mampu menerapkan dan mengajak orang lain untuk berbudaya lingkungan,” tegas Nina.

Untuk itulah, selain persyaratan umum seperti nilai akademis, menjalani serangkaian seleksi, mendapatkan rekomendasi dari Perguruan Tinggi dimana mahasiswa mengambil studi, mereka juga harus menunjukkan kemampuannya menjadi pemimpin.

Selain itu, sambungnya, mahasiswa juga dituntut memiliki  jiwa wirausaha, akademisi dan aktivis lingkungan. “Inilah yang menjadi ciri khas Beasiswa Sobat Bumi,” Nina menandaskan.
Sementara itu, Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali mengatakan,  untuk persyaratan akademis nilai IPK minimal 3,01. Disamping itu, kriteria lain adalah calon penerima beasiswa memiliki jiwa filantropis, serta komitmen untuk mewujudkan sinergi antara kelestarian alam dan kemajuan bangsa.

Dikatakan, pembukaan pendaftaran dilakukan melalui online di portal www.sobatbumi.com danwww.beasiswa-sobatbumi.com, mulai tanggal 19 Juni dan berakhir tanggal 19 Juli 2013. Adapun pengumuman penerimaan akan dilakukan pada  September 2013, setelah sebelumnya peserta harus lulus dalam setiap tahapan seleksinya.

Ahmad melanjutkan, program ini selain memberikan manfaat berupa biaya pendidikan setiap semester dan biaya hidup setiap bulan, penerima beasiswa juga didorong untuk membuat project kelompok melalui Pertamina Foundation Scholars.

Bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan menyusun skripsi diberikan peluang mendapatkan dukungan dana maksimal Rp 10 juta, dengan syarat memenuhi topik yang disetujui Pertamina Foundation. Untuk meningkatkan kapasitas, mereka mendapatkan pelatihan kepemimpinan, sarana berkumpul semua penerima beasiswa yang pada periode 2012/2013 mencapai 329 mahasiswa. “Mereka juga akan diberikan kesempatan menjadi sukarelawan di Pertamina Foundation,” tegas Ahmad.

untuk poster dan pengumuman bisa dilihat disini
untuk panduan beasiswa sobat bumi bisa dilihat disini
untuk panduan pengisian beasiswa bisa dilihat disini

No comments:

Post a Comment